Advertisements
Pengetahuan

Apa itu LGBT?

Seperti yang kita tahu atau kebanyakan dari kita tahu LGBT adalah singkatan dari Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender. Bahkan ada pula LGBTQ atau LGBTI, huruf Q untuk Queer dan I untuk interseks, nah loh J. Selain nama-nama tersebut pasti kita juga pernah dengar istilah transeksual, shemale, transvestite, crossdresser, transman, transwoman dan drag queen Di negara indonesia sendiri juga banyak istilah untuk menyebut mereka, baik dalam bahasa indonesia atau bahasa daerah.
Sebelum membahas LbisexualGBT dan nama-nama yang mengikutinya, sebaiknya kita tahu terlebih dahulu perbedaan antara Gender atau kelamin dan orientasi seks. Kelamin atau gender pada umumnya dibedakan dalam 2 jenis yaitu laki-laki dan perempuan, walaupun ada manusia yang terlahir dengan kelamin ganda tetapi campur tangan medis biasanya akan memperjelas bentuk kelaminnya menjadi laki-laki atau perempuan seteleh melalui beberapa tes medis, walaupun sering sekali terjadi kekeliruan yang
menyebabkan orang tersebut mengalami gender disorder. Orientasi seksual sendiri adalah kecenderungan kesukaan seksual seseorang terhadap orang lain. Orientasi seksual dibedakan menjadi homoseksual (suka dengan sesama jenis kelamin), heteroseksual (suka dengan lawan jenis kelamin) dan Biseksual (suka dengan 2 jenis kelamin). Jadi sebenarnya ada perbedaan besar antara gender dan seksualitas. Ada yang bilang „gender is between your ears and sex is between your legs”. Spektrum seksualitas itu besar sekali, kadang sampai di luar nalar kita.

Secara medis sendiri para psikolog dan psikiater mempunyai buku panduan yang bernama Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder (DSM) untuk menentukan kondisi kejiwaan seseorang termasuk didalamnya adalah perihal LGBT. Buku ini sendiri mempunyai beberapa perubahan-perubahan isi yang mana pada buku DSM edisi ke 3 menyatakan bahwa  LGB bukan merupakan kelainan mental. Buku DSM sendiri yang terbaru adalah edisi ke 5.

lesbianHomoseksualitas bisa dikategorikan menjadi dua yaitu Lesbian dan Gay. LESBIAN adalah orientasi seksual yang mana seorang perempuan mempunyai kesukaan seksual terhadap perempuan.

Sedangkan gayGAY adalah orientasi seksual yang mana seorang laki-laki mempunyai kesukaan terhadap laki-laki.  Sering kali julukan homo diberikan kepada para gay, padahal homo yang berasal dari kata homoseksual sebenarnya juga merupakan orientasi seksual para lesbian.

B untuk BISEKSUAL adalah sebuah orientasi seksual yang mana orang tersebut mempunyai kesukaan seksual terhadap 2 jenis kelamin, perempuan dan laki-laki. Saya sendiri masih percaya bahwa setiap manusia itu biseksual dengan kadarnya masing-masing.  Jadi Lesbian, Gay dan Biseksual adalah orientasi seksual.

transgender menTRANGENDER sendiri sebenarnya tidak mempunyai kategori yang sama seperti LGB yang merupakan orientasi seksual karena transgender adalah sebuah kelaian dimana seseorang merasa bahwa gender yang dia punya secara fisik tidak cocok dengan gender yang dia rasakan. Sering ada istilah „trapped in the wrong body” atau terperangkap dalam tubuh yang salah. Dalam transgender sendiri ada istilah transgender women atau transwoman dan transgender man atau transman. Transgender woman adalah istilah bagi seorang laki-laki yang sadar bahwa secara kejiwaan dia adalah seorang perempuan. Transgender man adalah istilah seorang perempuan yang sadar bahwa secara kejiwaan dia adalah seorang laki-laki. Sedangkan Transeksual adalah istilah untuk transgender baik laki-laki atau perempuan yang sudah mengubah kelamin mereka.

Q atau sering pula disebut GQ –GENDER QUEER– merupakan sebuah jenis gender yang lepas dari biner gender baik maskulin ataupun feminin. Bisa dibilang Seperti gender ke-3. Sedangkan huruf I untuk INTERSEKS adalah sebuah kelainan yang mana kromosom seseorang baik laki-laki maupun perempuan tidak sama seperti pada kromosom seorang laki-laki atau perempuan pada umumnya, serta adanya ambiguitas pada kelamin mereka yang membuat mereka susah untuk dikategorikan ke dalam gender tertentu. Sering pula dikaitkan dengan istilah hermaphrodites, tetapi ini sudah dihapuskan karena istilah hermaphrodites lebih mengacu pada pemahaman yang salah. Dalam interseks sendiri terdapat kompleksitas keadaan yang berbeda-beda.

SHEMALE adalah sebuah sebutan yang dalam bahasa indonesia bisa dipadankan dengan istilah waria. Jadi merupakan seorang transgender woman.

transgender

Banyak sekali orang salah mengartikan istilah berikut ini. TRANSVESTITE adalah istilah untuk seseorang yang suka dan secara sering mengenakan pakaian lawan jenis mereka. Kesukaan mereka ini membawa dorongan seksual tersendiri untuk mereka. Dalam transvestite sendiri spektrum seks mereka luas, ada yang heteroseksual, homoseksual, biseksual ataupun aseksual (tidak tertarik dengan seks sama sekali).

Sedangkan CROSSDRESSER adalah seseorang yang memakai pakaian yang umumnya dipakai oleh lawan jenis kelamin mereka. Perilaku ini dilakukan  baik dalam kehidupan sehari-hari atau hanya pada kesempatan tertentu saja, tetapi dilatar belakangi oleh alasan-alasan tertentu. Perbedaannya dengan transvestite adalah dalam hal seksualitas mereka. Sebuah pakaian tidak memberikan rangsakan seksualitas kepada seorang crossdresser.

DRAG QUEEN adalah istilah untuk seorang laki-laki yang mengenakan pakaian seorang perempuan dalam sebuah pertunjukkan seni menyanyi baik menggunakan suaranya sendiri ataupun suara penyanyi. Sering disebut dengan seni playback atau lipsync.

Memang seperti halnya pelangi, dalam urusan gender dan seksualitas spektrumnya sangat luas dan bermacam-macam seperti pelangi, bahkan lebih kompleks dari yang kita bisa bayangkan. Secara lebih luas teman-teman bisa baca-baca lagi di halaman-halaman lainya di situs ini.

crossdresser

 

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Tinggalkan Pesan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Advertisements

Ikuti Tweet kami

Follow Kabar LGBT on WordPress.com

Join 23 other followers

Komunitas kami

%d bloggers like this: