Advertisements
BERITA, BERITA TERKINI

Upacara pemberian civil union pertama di Cyprus

civil union cyprus

Kurang dari 4 bulan yang lalu Cyprus melegalkan civil union. Dan akhirnya pada tanggal 4 Maret 2016 yang lalu Cyprus menggelar upacara pemberian sertifikat civil union pertama mereka kepada pasangan gay dengan upacara yang besar dan tidka dirahasiakan.

Adalah Frixou (36) dan Fanos Eleftheriades (26) yang pada hari Jum’at 4 Maret lalu merayakan civil union mereka dengan upacara pernikahan tradisional Cypus yang dipimpin oleh salah satu pegawai kotaraja yang ditunjuk.

Dua orang teman mereka menjadi pengiring mereka dan ibu Frixou memberikan mereka koin emas antik yang selanjutnya digantungkan di leher mereka. Setelah itu pada tamu memberikan amplop yang berisi uang dan memberikan doa restu serta ucapan selama kepada mereka.

Frixou dan Eleftheriades bertemu tujuh tahun yang lalu melalui teman mereka. Mereka memang memnginginkan upacara yang besar, tetapi tetap autentik dan diselenggarakan di sebuah pulau kecil di kepulauan mediteran.

Frixou yang bekerja sebagai penjaga penjara di sebuah desa bernama Xylophagou mengatakan bahwa ia ingin memberikan keberanian kepada pasangan lain, juga untuk para trangender untuk bisa berdamai dengan kondisi mereka dan jangan pernah merasa malu.

“We wanted to give courage to other couples and to all gay and transgender people to accept themselves and not to be ashamed of who they are,”

Mereka mengatakan bahwa mereka mendapatkan banyak pesan dari orang-orang yang mengatakan betapa besar mereka sudah memberikan keberanian kepada para LGBT.

Homoseksualitas tidak lagi menjadi tindakan kriminal di Cyprus pada tahun 1998, tetapi homoseksualitas masih dilarang di kemiliteran.  Sebenarnya pada bulan Februari sudah ada pasangan lain yang sudah mendapatkan civil union, tetapi mereka memilih untuk tidak mempublikasikannya.

Pasangan yang memiliki sertifikat civil union di Cyprus hampir memiliki hak setara seperti pasangan yang mempunyai akta pernikahan sipil, perbedaannya hanya pada hak adopsi. Pasangan dengan civil union belum diizinkan mengadopsi anak.

Walaupun masih ada homofobia terutama di kalangan Gereja Orthodox Yunani, para pejabat sudah melakukan perubahan-perubahan seperti halnya di negara-negara di Uni Eropa.

 

Sumber : Newnownext

Advertisements

About Kabar LGBT

Korannya Komunitas LGBT Indonesia

Discussion

No comments yet.

Tinggalkan Pesan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Advertisements

Ikuti Tweet kami

Follow Kabar LGBT on WordPress.com

Join 22 other followers

Komunitas kami

%d bloggers like this: