Advertisements
BERITA, BERITA TERKINI

Apa yang terjadi di Vietnam menunjukkan sebenarnya merangkul keberagaman dengan tetap menghormati tradisi itu bisa

Masyarakat Lokal yang supportif dalam Parade LGBT di Vetnam 2013 Sumber: lgbtweekly

Masyarakat Lokal yang supportif dalam Parade LGBT di Vetnam 2013
Sumber: lgbtweekly

20 Januari 2016, mungkin akan menjadi hari terbesar tahun 2016 bagi para LGBT di Vietnam. Hari di mana Larangan Pernikahan Sesama Jenis dicabut. Sesungguhnya bagaimana pengaruhnya terhadap lingkungan dan ekonomi?

Nguyen Anh Thuan, seorang pengusaha  yang menjalankan usaha rumah makan-cafe yang ramah kepada semua orang dengan sexual preference yang berbeda-beda. Ia mengatakan bahwa ia tidak menemui perlawanan, justru kesuksesan mendatanginya. Prasangka-prasangka memberikan jalan kepada Liberalisme, di sebuah negara yang dulu dicap sebagai pelanggar HAM, sekarang justru menjadi negara yang paling maju di Asia terkait isu-isu LGBT.

Keputusan pencabutan larangan pernikahan sesama jenis ini sudah memberikan pasar tersendiri di Vietnam mulai dari jasa agen perjalanan sampai asuransi kesehatan yang memberikan sumbangan tidak sedikit dalam pertumbuhan ekonomi Vetnam. Pelaku usaha yang membidik LGBT tahu bahwa pasar LGBT sangat besar.

“Our business benefits a lot from the LGBT community,” kata Thuan

Ia mengatakan bahwa banyak LGBT yang menduduki posisi penting di banyak perusahaan dan saat ini mereka tidak harus bersembunyi lagi karena lingkungan sudah mulai terbuka.

“Many LGBT people hold high positions in big firms and don’t have to hide themselves. Society is more open to them.”

Seorang lesbian bernama Bach Linh mengakui adanya keterbukaan di Vietnam. Menurutnya banyak LGBT yang sukses secara finansial dan fakta ini akan memberikan daya tarik kepada investsor yang nantinya akan mengangkat ekonomi Vietnam.

“I see a lot more openness in Vietnam now,” ungkap Bach Linh,

Beberapa perusahaan marketing melakukan penelitian tentang tren konsumen LGBT, ternyata mereka menyumbangkan keuntungan sebesar 30% pada tahun 2015 pada layanan asuransi kesehatan.  Pertahun, total nilai business ini sangat besar, yaitu  850 milyar Dollar Amerika di Cina dan  $950  milyar Dollar Amerika di Amerika Serikat.

Vietjet, sebuah maskapai berbiaya rendah yang dalam beberapa tahun lagi akan memiliki lebih dari 200 pesawat ini bahkan mengeluarkan iklan yang mengetengahkan pernikahan pasangan lesbian. Respon positif terhadap iklan tersebut pun berdatangan.

Model-model transgender juga dengan bangga masuk di dunia industri moda. Seperti pengakuan Caroll Tran yang mengatakan banyaknya antusias konsumen LGBT setelah pertunjukkan busananya digelar.

Pada tahun 2014, USAID (United States Agency for International Development) mengatakan sikap masyarakat Vietnam terhadap LGBT mengalami perubahan besar dalam 1 dekade. Meskipun demikian, diskriminasi di tempat kerja dan kekerasan di sekolah-sekolah masih tetap terjadi.

Randy Berry, seorang aktivis HAM mengatakan bahwa apapun penyebab perubahan ini, memperlihatkan bahwa Vietnam sudah menangani isu LGBT dengan lebih aktif dibandingkan negara-negara tetangga yang masih menganggap isu tersebut taboo.  Seperti Singapura, lalu  Malaysia yang tidak hanya menyatakan homoseksualitas illegal, bahkan cross-dressing juga dinyatakan tindakan melanggar hukum. Di Thailand, sebuah konstitusi yang akan memasukan pasal-pasal tentang Third Gender sedang digodok. Sementara, Indonesia yang sebelumnya terkenal dengan toleransinya, saat ini memperlihatkan kecenderungan akan kehilangan toleransinya.

Berry mengatakan bahwa kemajuan di negara-negara ini menunjukan sebenarnya memang mungkin merangkul keberagaman dengan tetap menghormati tradisi.

Sumber : Reuters.com

Advertisements

About Kabar LGBT

Korannya Komunitas LGBT Indonesia

Discussion

No comments yet.

Tinggalkan Pesan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Advertisements

Ikuti Tweet kami

Follow Kabar LGBT on WordPress.com

Join 23 other followers

Komunitas kami

%d bloggers like this: