Advertisements
BERITA, BERITA TERKINI

Bank Dunia akan menghentikan pinjaman untuk proyek-proyek di negara berkembang yang mengancam LGBT

Jim Yong Kim, Presiden Bank  Sumber : smh.co.au

Jim Yong Kim, Presiden Bank
Sumber : smh.co.au

Presiden Bank Dunia memutuskan untuk menghentikan meminjamkan dana untuk proyek-proyek di negara-negara berkembang yang bisa mengancam hak-hak LGBT.

Bank Dunia atau World Bank adalah sebuah Institusi Finansial Internasional yang menyediakan pinjaman untuk proyek-proyek negara-negara berkembang, memberikan bantuan pembangunan mereka dan membangun infrastruktur guna membantu mengatasi masalah kemiskinan.

Jim Yong Kim, dalam konferensi ‘Pride and Prejudice’ yang diselenggarakan pada hari Kamis 3 Maret 2016 di London, New York dan Hongkong, berbicara tentang proposal yang mengatur peminjaman dana untuk proyek-proyek yang bisa mengancam hal-hak LGBT.

Ia menjelaskan bagaimana Bank Dunia menghentikan pinjaman sebesar 90 Juta Dollar Amerika untuk proyek Klinik Kesehatan di Uganda setelah Uganda meloloskan Undang-Undang Anti-Homoseksualitas pada tahun 2014 yang mengatakan bahwa homoseksualitas akan dikenakan hukuman kurungan

Pria kelahiran 8 Desember 1959 ini mengatakan bahwa ia bekerja sebagai seorang dokter dan menurutnya proyek itu penting, tetapi ia dan team melihatnya dengan hati-hati dan akhirnya menemukan bahwa ada kemungkinan diskriminasi yang bisa terjadi di klinik-klinik tersebut yang bisa mengancam orang orang dari komunitas LGBTI. Jadi ia memutuskan untuk menghentikan pinjaman tersebut.

Jim Yong Kim  mengatakan bahwa ia dikatakan gila sudah memutuskan hal tersebut. Kritikan juga datang dari banyak orang, termasuk staffnya sendiri.

“A lot of people came out and told me I was crazy. The critiques made a lot of sense to a lot of people… a lot of my own staff were [against it].

Pria yang masuk dalam kategori 50 orang yang mempunyai pengaruh kuat di dunia ini menuturkan bahwa pada saat itu ada 81 negara yang mempunyai Undang-Undang seperti itu. Sementara Bank Dunia bukan lah sebuah Institusi yang diizinkan untuk membuat penilaian politik, karena bukan bagian dari tugasnya. Tetapi Bank Dunia mempunyai kemampuan untuk memberikan dan menghentikan pinjaman jika proyek yang Bank Dunia dukung rentan melakukan tindakan diskriminasi terlebih lagi tindakan yang memberikan ancaman.

Ia mengungkapkan bahwa ada banyak negara yang mengecam tindakan Uganda, tetapi pendanaan tetap mengalir, dan Bank Dunia adalah satu-satunya meng menghentikan aliran dananya. Ia mengatakan bahwa Uganda marah atas keputusannya tersebut tetapi ia merasa bahwa adalah hal yang penting untuk tetap teguh dengan pendiriannya tersebut.

“The Ugandans were very angry about this… but [I told the board] I felt it was very important to take this stand.

Mantan Ketua Department of Global Health and Social Medicine Di Havard Medical School ini menceritakan bagaimana iya menjawab pertanyaan ‘Apakah implikasi dari tindakannya itu?’. Ia menuturkan bahwa business mereka meroket sejak saat itu dan Uganda juga sudah mencabut Undang-Undang tersebut karena Pengadilan memutuskan bahwa hal tersebut tidak sesuai dengan Konstitusi.

Ia juga membeberkan bagaimana seorang Menteri Keuangan dari satu negara berkembang datang dan meminta bertemu empat mata untuk mengatakan bahwa Perdana Menteri memintanya mengatakan bahwa sedang ada Rancangan Undang-Undang yang keras mengenai homoseksualitas di dalam parlemen, tetapi ia mengatakan bahwa ia tidak akan menyetujuinya dan RUU tersebut tidak akan pernah menjadi Undang-Undang.

Jim Yong Kim mengatakan bahwa ia harus tetap bertahan dengan pendiriannya.

“I had to take my own stand on this, and use the rules and regulations of the institution to push the agenda as far as I could.”

Berbicara tentang bagaimana menyusun kebijakan yang konsisten, ia mengatakan “Salah satu hal yang sudah kami lakukan adalah menempatkan bahasa yang eksplisit ke dalam rancangan yang mengatakan diskriminasi terhadap LGBT tidak akan ditolelir.”

Jim Yong Kim  mengatakan bahwa hal tersebut masih baru dan belum disetujui, tetapi ia akan berusaha sebisanya. Bank Dunia adalah sebuah institusi yang berumur 70 tahun yang berundang-undang. beregulasi dan berprosedur, jadi hal seperti ini akan diputuskan oleh dewan.

Tetapi ia mengungkapkan bawah hal tersebut sudah diajukan dan ia berkomitmen untuk terus mengawasi bahwa setiap dana yang Bank Dunia pinjamkan tidak akan menimbulkan diskriminasi dan membahayakan LGBT. Jim menambahkan bahwa Bank Dunia juga akan menaikan pengawasan tersebut.

Penggemar olah raga basket, volley dan tennis ini mengatakan bahwa Bank Dunia akan bekerja sama dengan siapa saja yang sedang melakukan penelitian tentang hal tersebut. Menanggapai pernyataan yang mengatakan bahwa Negara yang tidak jadi mendapatkan pinjaman akan mencari pinjaman dari sumber lain (contohnya pernyataan Presiden Zimbabwe), Jim Yong Kim mengatakan, “Hal-hal yang kami kerjakan adalah hasil dari kekuatan spesifik kami -tidak hanya pengetahuan tentang aspek spesifik dari pembangunan, tetapi juga pengatahuan kami – bagaimana mendapatkan proyek dari sana sini.”

“It’s a first step… we definitely have not got the data we would like to have, but we’re going to contribute and participate, and work with others who are doing this kind of research and move forward this agenda.”

Jim Yong Kim mengatakan bahwa Bank Dunia bekerja untuk menyediakan keuntungan dan keamanan untuk pekerja LGBT di mana pun berada.

Pria yang lahir di Seoul ini menjelaskan bahwa ada banyak tantangan di beberapa negara di mana Bank Dunia membuka kantor barunya. Ia menceritakan bagaimana ia bernegosiasi dengan negara-negara tersebut tentang standar Bank Dunia dalam memperlakukan pasangan sesama jenis.  Ia membeberkan bahwa Bank Dunia akhirnya sering menjalankan komitmen mereka – perlakukan Bank dunia kepada pasangan sesama jenis dan pasangan lawan jenis adalah sama-  secara informal.

 

Sumber : Pinknews

Advertisements

About Kabar LGBT

Korannya Komunitas LGBT Indonesia

Discussion

No comments yet.

Tinggalkan Pesan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Advertisements

Ikuti Tweet kami

Follow Kabar LGBT on WordPress.com

Join 24 other followers

Komunitas kami

%d bloggers like this: