Advertisements
BERITA, BERITA TERKINI

Perkataan Obama dalam tayangan Ellen disensor karena dianggap mempromosikan hubungan sesama jenis

 

Barack Obama dan Ellen Degeneres Sumber : abcnews

Barack Obama dan Ellen Degeneres
Sumber : abcnews

Senada dengan Indonesia, tayangan-tayangan di televisi Singapura  pun mendapat sensor. Belum lama ini  sensor dilakukan terhadap tayangan acara Ellen Degeneres yang menayangkan wawancaranya dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama  yang memuji Ellen Degeneres atas perannya dalam mengadvokasi hak-hak LGBT. Ternyata pernyataan Barack Obama yang memuji Ellen tersebut diedit.

Para netizen termasuk netizen di Singapura mengetahuinya dari berita di situs gaystarnews.com

Acaranya sendiri sudah tayang di Amerika 12 Februari 2016 silam, tetapi baru tayang di Singapura 23 Februari 2016 di Stasiun TV Mediacorp.

Lee Hung Sheng, asistent wakil presiden bidang pemograman pun mengkonfirmasikan editan tayangan tersebut. Ia mengatakan bahwa tindakan tersebut mengacu pada Peraturan di Singapura yaitu Free-To-Air TV pasal 3.2 yang menyatakan, pada jam 06.00 – 22.00 semua tayangan televisi harus menayangkan tayangan yang pantas untuk keluarga. Tayangan dengan ‘konten dewasa’ sendiri disebutkan diantaranya, penggunaan narkoba, prostitusi atau homoseksualitas.

 “As much as we’ve done with laws and ending ‘Don’t Ask, Don’t Tell’, et cetera, changing hearts and minds – I don’t think anybody has been more influential than you on that.”

Dalam acara Ellen Degeneres tersebut, Obama mengatakan, bahwa seberapa banyaknya yang Ia dan Pemerintah sudah lakukan terkait Hukum-Hukum  dan mengakhiri  kebijakan ‘Don’t Ask, Don’t Tell,serta hal-hal lainnya, termasuk mengubah hati dan pikiran – Obama merasa bahwa tidak ada orang yang selama ini sudah begitu berpengaruh dalam masalah itu (LGBT) seperti Ellen.

Ia mengatakan bahwa Ellen sudah mau menyatakan siapa dirinya, dengan tiba-tiba memberikan kekuatan kepada orang lain.

“You being willing to claim who you were, that suddenly empowers other people. And then suddenly, it’s your brother, it’s your uncle, it’s your best friend, it’s your coworkers. And then attitudes shift. And the law is followed, but it started with folks like you. I’m so proud of you.”

Aktor Lim Kay Siu (56), mengatakan bahwa versi editan tersebut juga tayang di saluran Lifetime (StarHub TV Channel 514). Ia mengatakan bahwa editan tersebut begitu rapi sehingga tidak kelihatan kalau sudah diedit.  Ia berpendapat bahwa sebenarnya itu lebih buruk bahwa penonton sampai tidak tahu.

“That’s even worse, isn’t it, that we didn’t even know? I saw the speech on YouTube only later on and was just shocked that the whole section was cut out.”

Sesuai pada 6.4, tayangan-tayangan yang menggambarkan gaya hidup homoseksual adalah hal yang sensitif terhadap nilai-nilai masyarakat, dan tidak seharusnya mempromosikan atau membenarkan gaya hidup homoseksual.

 “Programmes that depict a homosexual lifestyle should be sensitive to community values. They should not promote or justify a homosexual lifestyle.”

Tidak hanya mengedit perkataan Obama, bahkan pembacaan ucapan Valentine Michel Obama yang ditujukan kepada Ellen dan Pasangannya Portia pun juga ikut diedit.

Baca juga : Pesan Valentine Obama kepada paraLGBT

Saluran TV5 dan saluran televisi lainnya pun sudah pernah mendapatkan denda 15.000 dollar singapura karena menayangkan tayangan berkonten LGBT.

Dalam Show yang sangat berbau komedi tersebut, Ellen sering sekali memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan, tidak peduli apakah ia LGBT atau bukan. Ellen Menikah dengan pasangannya seorang model bernama Portia.

Singapura sendiri merupakan satu dari Negara bekas jajahan Inggris yang masih menggunakan Undang-Undang yang pernah dipakai Inggris. Walaupun Inggris sendiri sudah lama mengubah Undang-Undang tersebut.

Sumber : gaystarnews straitstimes

Advertisements

About Kabar LGBT

Korannya Komunitas LGBT Indonesia

Discussion

No comments yet.

Tinggalkan Pesan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Advertisements

Ikuti Tweet kami

Follow Kabar LGBT on WordPress.com

Join 20 other followers

Komunitas kami

%d bloggers like this: