Advertisements
BERITA, BERITA TERKINI

Waheed Ali : Muslim, Gay, pengusaha sukses, pejuang hak-hak LGBT dan politikus berpengaruh di Inggris

Waheed Alli Sumber : wikipedia

Waheed Alli
Sumber : wikipedia

Waheed Alli, Baron Alli sejak kecil mengalami diskriminasi ganda. Dia gay dan  putra imigran, ibunya adalah perawat yang berasal dari Trinidad sedangkan ayahnya berasal dari Guyana yang beragama islam, yang sangat mengecam homoseksualitas. Ali sendiri mengaku beragama Islam.

Lepas dari tekanan lingkungan, dia memulai karir sebagai pengusaha. Bersama sahabatnya, Ali mendirikan Plane 24, sebuah rumah produksi tayangan televisi serta pernah menjadi Direktur Carlton Television Productions.

Menjadi seorang milyader sukses di industri media, Ali perlahan tertarik bergabung dengan Partai Buruh. Lewat saran sahabatnya di Partai sayap kiri tersebut, dia maju ke pemilihan legislatif untuk posisi majelis tinggi (House of Lords).

Pada bulan April tahun 1999, dalam sebuah pidatonya, ia mengatakan “Saya tidak pernah bingung dengan seksualitas saya, saya bingung dengan bagaimana saya diperlakukan karena seksualitas saya. Kebingungan yang pada malam ini dipertunjukan dalam prasangka-prasangka dan banyak dari prasangka tersebut dikekalkan dalam Undang-Undang.

Ali lolos mewakili dapil Croydon, Ibu Kota London dan pada saat itu menjadi anggota dewan yang termuda (34 tahun) dan yang pertama ynag berani terbuka dengan seksualitasnya. Pria 51 tahun yang mengaku tetap menjadi muslim ini menjadi sosok politikus yang aktif membela kepentingan LGBT. Beberapa perda yang diskriminatif melarang aktivitas kaum gay dia intervensi. Ali aktif di parlemen sejak 1998 hingga 2010.

Berkat Ali, LGBT di Inggris mendapatkan kesetaraan haknya, diantaranya pada tahun 2000 dengan disamakannya batas umur bawah orang dewasa pada homoseksual, yang sebelumnya dibedakan dengan heteroseksual. Pada tahun 2009 ia adalah salah satu orang yang mengusahakan perubahan salah satu Klausa dalam Undang-Undang Civil Partnership tahun 2004 yang melarang Lembaga agama melangsungkan upacara pernikahan sesama jenis di tempat mereka sendiri. Kampanye tersebut akhirnya menjadi salah satu bagian dalam Undang-Undang Kesetaraan tahun 2010 –Equality Act 2010.

Kini, Ali lebih banyak keliling dunia mengajak kaum gay peduli pada masyarakat. Dia juga menjadi duta persamaan hak LGBT, seperti di Universitas De Montfort, di Leicester. Presiden Croydon Youth Development Trust.

Tahun 2008 ia memenangkan Penghargaan Stonewall Award dalam kategori Tokoh Politik. Sebelumnya tahun 2002 ia menjadi seorang penyokong di The Albert Kennedy Trust, yang memberikan bantuan dan layanan-layanan khusus kepada  LGBT muda. Ali juga pernah menjadi pembicara kunci dalam Konferensi Internasional dalam tema Hak-Hak Asasi LGBT, bagian dari 2006 World Outgames yang menjadi awal mula Deklarasi Montreal. Ia juga adalah satu satu penyokong di Yayasan Elton John AIDS.

Ia mendapat julukan sebagai satu-satunya politikus muslim di dunia yamg terbuka dengan seksualitasnya.

Saking besar jasanya kepada negara salah satu foto Ali menjadi salah satu koleksi di National Potrait Gallery, sebuah galeri yang hanya memasang tokoh-tokon besar bangsa.

 

Sumber : wikipedia   Merdeka

Advertisements

About Kabar LGBT

Korannya Komunitas LGBT Indonesia

Discussion

No comments yet.

Tinggalkan Pesan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Advertisements

Ikuti Tweet kami

Follow Kabar LGBT on WordPress.com

Join 20 other followers

Komunitas kami

%d bloggers like this: