Advertisements
BERITA, BERITA TERKINI

Kementerian Kesehatan Chile menolak praktek terapi terhadap orientasi seksual karena berbahaya

Konferensi Pers Kementerian Kesehatan Chile atas penolakan Terapi-Terapi Orientasi Seksual 18/2/2016 Sumber : washingtonblade

Konferensi Pers Kementerian Kesehatan Chile atas penolakan Terapi-Terapi Orientasi Seksual 18/2/2016
Sumber : washingtonblade

Secara resmi pada hari Kamis 18/2/2016, Departemen Kesehatan di Chile menyatakan penolakannya terhadap Terapi/Rehabilitasi untuk LGBT. Kementerian Kesehatan Chile membuat pernyataan tersebut kepada Movement for Homosexual Integration dan Liberation, sebuah kelompok advokasi untuk LGBT di Amerika Selatan.

“Kami menyatakan bahwa paktek-praktek yang dikenal dengan ‘Terapi-terapi reparatif’  atau ‘Conversion -pengubahan-‘ orientasi seksual Homoseksualitas’ merupakan ancaman serius terhadap orang-orang yang sebenarnya sehat, termasuk hidup orang-orang yang terkena dampaknya,” Kata Kementerian Kesehatan Chile.

Movilh, sebuah singkatan dalam bahasa spanyol merupakan nama dari gerakan tersebut. Dalam jumpa pers, mereka mengatakan, “Pesan tersebut jelas ditujukan kepada mereka yang secara langsung ataupun tidak langsung mempromosikan Terapi-terapi tersebut.” “Prosedur-prosedur terapi orientasi homoseksual tidak bisa ditolelir karena membahayakan.”

Baca juga : Hipnoterapi yang dianggap gagal menyembuhkan Homoseksualitas buka praktek di Indonesia

Fundación Iguales, sebuah kelompok advokasi LGBT lainnya juga menerima dengan gembiran pernyataan Kementerian kesehatan tersebut. “Adalah tepat bahwa Kementerian Kesehatan sudah mengatahui bahwa ‘Terapi-terapi reparatif tersebut merupakan sebuah ancaman, tetapi kita harus terus bekerja,” kata Fundación Iguales di twitternya

 

Banyak sekali Organisasi-organisasi kesehatan yang mengecam Terapi Pengubahan Orientasi Seksual ini karena terbukti berbahaya dan menyatakan orientasi seksual tidak bisa diubah. Beberapa organisasi tersebut diantaranya The Pan-American Health Organization, The American Psychological Association dan The American Psychiatric Association. Organisasi-organisasi kesehatan besar dan terpercaya yang sering dijadikan acuan banyak negara.

Baca juga : “Penyembuhan” homoseksualitas yang berakhir petaka

Beberapa negara bagian di Amerika Serikat bahkan melarang praktek-praktek tersebut, diantaranya D.C, New Jersey, California, Oregon dan Illinois. White House sendiri pada bulan April tahun lalu mendukung usaha negara-negara bagian ynag akan melarang praktek-prakter berbahaya tersebut.

Permintaan maaf para promotor Terapi Homoseksualitas tahun 2007 yang mengatakan bahwa mereka sudah berbohong tentang keberhasilan terapi-terapi tersebut.

 

Sumber : washingtonblade

 

Advertisements

About Kabar LGBT

Korannya Komunitas LGBT Indonesia

Discussion

No comments yet.

Tinggalkan Pesan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Advertisements

Ikuti Tweet kami

Follow Kabar LGBT on WordPress.com

Join 23 other followers

Komunitas kami

%d bloggers like this: