Advertisements
ARTIKEL PENGETAHUAN TERBARU, BERITA, BERITA TERKINI, PENGETAHUAN

PP PDSKJI : LGB tidak mempunyai masalah kejiwaan jika bisa “menerima” kondisinya

Jumat 19/2/2016, Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PP PDSKJI) mengeluarkan pernyataan sikap terkait LGBT yang didasarkan pada Undang-Undang no .18 tahun  2014.

Dalam pernyataan sikap resmi yang terdiri dari 2 halaman tersebut, menyatakan bahwa Orang dengan Homoseksual dan Biseksual dapat dikategorikan sebagai Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) dan Transeksualisme dapat dikategorikan sebagai Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). 

Pernyataan Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PP PDSKJI) halaman 1

 

Pernyataan Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PP PDSKJI) halaman 2

 

Banyaknya respon masyarakat terhadap Pernyataan yang ditanda tangani oleh Dr. Danardi Sosrosumihardjo, SpKj(K) selaku ketua tersebut, membuat Juneman Abraham, Psikolog Sosial, Konsultan dan Peneliti Psikologi menuliskan pandangannya dalam membaca pernyataan tersebut.

Menurutnya, terdapat kekacauan berbahasa yang terjadi dalam memahami pernyataan sikap PP PDSKJI tersebut. Disebutkan bahwa LGB dapat dikategorikan sebagai Orang Dengan Masalah Kejiwaan (OMDK). Yang artinya bahwa LGB bukan Orang Dengan Jiwa Kejiwaan (ODGJ). Baris yang mengatakan, “ODMK berkewajiban memelihara kesehatan jiwanya dengan cara menjaga perilaku, kebiasaan, gaya hidup yang sehat dan meningkatkan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan sosial untuk mengurangi resiko menjadi ODGJ”, memperkuat bahwa LGB bukan gangguan jiwa.

Berdasarkan pernyataan tersebut,  PP PDSKJI berarti menyatakan LGB sudah mempunyai jiwa yang sehat dan perlu dijaga. Menurut WHO orang yang memiliki Kesehatan Jiwa adalah orang yang mampu menanggulangi tekanan hidupnya. Dengan perkataan lain, orang-orang ini dapat saja dilanda oleh tekanan hidup, memiliki masalah hidup, namun ia mampu menanggulanginya.

Berdasarkan Undang-undang no 18 tahun2014, tentang Kesehatan Jiwa, ODMK adalah “orang yang mempunyai masalah fisik, mental dan sosial, pertumbuhan dan perkembangan, dan/atau kualitas hidup sehingga memiliki risiko mengalami gangguan jiwa”.  Jika dibaca dengan lebih seksama, Orang Dengan Masalah Kejiwaan (OMDK) bukan lah orang yang berbeda dari orang pada umumnya. Setiap orang tentu saja pernah dan mungkin sedang mempunyai masalah-masalah seperti masalah fisik, mental, sosial dan lain-lain. Tetapi bukan berarti orang tersebut sakit jiwa. Kunci kesehatan jiwa sesungguhnya terletak pada kemampuan seseorang untuk menanggulangi masalah-masalah yang disebutkan itu, sehingga masalah-masalah itu tidak melekat/menetap/permanen. Kemampuan ini bersifat subjektif (individu per individu, bukan pertama-tama kelompok) dan berubah sepanjang hayat, disumbang oleh berbagai faktor, termasuk kita di sekeliling orang tersebut.

Membaca penjelasan Juneman Abraham tersebut bisa pula disimpulkan, jika LGB mampu menanggulagi masalahnya, maka ia sebenarnya dinyatakan sehat. Masalah-masalah LGB,

  • Tekanan, terjadi karena stigma sosial terhadapnya. Jika stigma tersebut hilang, maka LGB bisa menerima kondisinya dan tekanan pun akan hilang.
  • Apakah LGB punya perilaku, kebiasaan dan gaya hidup tidak sehat? Ada yang tidak. Banyak LGB ynag mempunyai perilaku, kebiasaan dan gaya hidup sehat.
  • Kemampuan beradaptasi dengan lingkungan sosial. LGB tentu punya kemampuan tersebut, terbukti bahwa banyak LGB bisa berperan dan memberikan sumbangsih pada kehidupan di masyarakat, terlepas dari orientasi sosialnya. Masalahnya di sini adalah, masih adanya sikap masyarakat yang anti-pati terhadap LGB yang membuat LGB tidak diberi ruang di lingkungan sosial.

Jadi sebenarnya, kuncinya ada di penerimaan masyarakat. Jika masyarakat menerima maka tekanan yang dialami LGB juga akan hilang.

Sumber : Kompasiana

Advertisements

About Kabar LGBT

Korannya Komunitas LGBT Indonesia

Discussion

No comments yet.

Tinggalkan Pesan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Advertisements

Ikuti Tweet kami

Follow Kabar LGBT on WordPress.com

Join 20 other followers

Komunitas kami

%d bloggers like this: