Advertisements
BERITA, BERITA TERKINI

Aji menilai media berindikasi melanggar UU Pers terkait pemberitaan LGBT

Aliansi Jusnalis Independen Indonesia Sumber: bandungoke.com

Aliansi Jusnalis Independen Indonesia
Sumber: bandungoke.com

Suwarjono, ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia menilai beberapa pemberitaan tentang LGBT belakangan ini berindikasi melanggar UU Pers, Kode Etik Jusnalistik dna Pedoman Perilaku Penyiaran dan Stardar Program Siaran (P3SPS) 2012.

“Undang-undang Pers Nomor 40 Tahun 1999, pasal 6 mengamanatkan pers nasional melaksanakan peranan memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui, menegakkan nilai-nilai dasar demokrasi, dan Hak Asasi Manusia, serta menghormati kebhinekaan. Mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat dan benar,” katanya kepada merdeka, senin 15/2/2016

Menurut Suwarjono, dalam kode etik yang dirumuskan 29 organisasi profesi pada 2006, pasal 1 mengandung arti bahwa wartawan Indonesia bersikap independen, menghasilkan berita yang akurat, berimbang, dan tidak beritikad buruk. Sedangkan pada Pasal 8, lanjutnya, wartawan Indonesia tidak menulis atau menyiarkan berita berdasarkan prasangka atau diskriminasi terhadap seseorang atas dasar perbedaan suku, ras, warna kulit, agama, jenis kelamin, dan bahasa serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa atau cacat jasmani’.

“Pada bagian penafsiran pasal ini dijelaskan, prasangka adalah anggapan yang kurang baik mengenai sesuatu sebelum mengetahui secara jelas dan diskriminasi adalah pembedaan perlakuan,” katanya.

AJI menilai, Pedoman Prilaku Penyiaran Standar Program Siaran (P3SPS) 2012, Bab XI pasal 15 ayat 1, mengandung tentang perlindungan kepala orang dan kelompok masyarakat tertentu, termasuk didalamnya, Orang atau kelompok dengan orientasi seksual atau identitas gender tertentu. Pada ayat 2 mengatur lembaga penyiaran tidak boleh menyiarkan atau menyajikan program yang menertawakan, menghina atau merendahkan kelompok masyarakat, termasuk di dalamnya orang atau kelompok dengan orientasi seksual atau identitas gender tertentu.

Sedangkan pada BAB XVIII P3SPS juga menekankan lembaga penyiaran mengedepankan Prinsip-Prinsip Jurnalistik. Di antaranya menjunjung prinsip keberimbangan, adil, tidak beritikad buruk dll.

Ia menganggap dalam pemberitaan tentang LGBT belakangan ini ada beberapa kelalaian sesuatu ketentuan-ketentuan diatas dan cenderung tidak berimbang, tidak jernih serta berpotensi melakukan kekerasan simbolik terhadap kelompok marjinal.

Suwarjono menghimbau kepada media untuk tidak melakukan diskriminasi dan menaati ketentuan-ketentuan etika Jusnalistik dan meminta Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sebagai badan pengawas untuk lebih mengawasi. Ia juga meminta masyarakat untuk melaporkan jika merasa dirugikan. Dan ternyata tidak digubris oleh media tersebut, bisa melapor ke KPI-

“Kepada masyarakat yang merasa dirugikan terkait pemberitaan, AJI mendorong menggunakan mekanisme yang telah diatur dalam UU Pers dan diadopsi dalam KEJ, yaitu hak jawab dan koreksi. Hak jawab adalah hak seseorang atau sekelompok orang untuk memberikan tanggapan atau sanggahan terhadap pemberitaan berupa fakta yang merugikan nama baiknya. Sedangkan hak koreksi adalah hak setiap orang untuk membetulkan kekeliruan informasi yang diberitakan oleh pers, baik tentang dirinya maupun tentang orang lain,” ujarnya.

“Jika masyarakat menilai itikad baik ini tidak mendapatkan tanggapan dari media, AJI mendorong masyarakat menggunakan jalur pengaduan kepada Dewan Pers atau Komisi Penyiaran Indonesia,” pungkasnya.

Sumber : Merdeka

Advertisements

About Kabar LGBT

Korannya Komunitas LGBT Indonesia

Discussion

No comments yet.

Tinggalkan Pesan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Advertisements

Ikuti Tweet kami

Follow Kabar LGBT on WordPress.com

Join 20 other followers

Komunitas kami

%d bloggers like this: