Advertisements
FIGURES TERBARU, PUBLIC FIGURES

Tokoh: Dede Oetomo pejuang LGBT lebih dari 3 dekade

Dede Oetomo, Sosiolog, Aktivis Gay Indonesia, Aktivis AIDS dan Pendiri GAYa Nusantara Sumber: rappler

Dede Oetomo, Sosiolog, Aktivis Gay Indonesia, Aktivis AIDS dan Pendiri GAYa Nusantara
Sumber: rappler

Dede Oetomo, lahir di Pasuruan, Jawa Timut pada tahun 1953. Seorang penggiat Hak-Hak LGBT di Indonesia dan juga seorang ahli dalam isu-isu Gender. Ia adalah salah satu pendiri Organisasi Gay pertama di Indonesia dan Asia, Lambda Indonesia dan menjadi pendiri organisasi GAYa Nusantara setelah bubarnya Lambda Indonesia.

Ia juga adalah anggota dari Partai Rakyat Demokratik (PRD) yang merupakan Partai Politik pertama di Indonesia yang mencantumkan “hak hak homoseksual dan transeksual” dalam manifestonya. Sebagai seorang pelajar dan pengajar linguistik, ia juga adalah penulis Beginning Indonesian Trough Self-Instruction yang dicetak oleh Cornell University Press.

Saat ini Dede Oetomo adalah Koordinator  Nasional  GAYa Nusantara, dan anggota Asia-Pacific Council of AIDS Service Organisations (APCASO) yang sangat aktif -sebuah jaringan Organisasi-organisasi komunitas dan non-pemerintah yang mempunyai misi untuk menyediakan dan memperkuat respon komunitas terhadap HIV, AIDS di wilayah Asia Pasifik-.

Besar di Pasuruan, Jawa Timur, Dede Oetomo sekolah di Sekolah Katolik, tetapi tidak tumbuh dalam keluarga yang religius. Ia belajar bahasa inggris saat ia di sekolah menengah menggunakan buku English for SLTP yang digunakan oleh pelajar-pelajar di Indonesia. Buku yang pendanaannya diperoleh dari Ford Foundation.

Tahun 1978, ia menyelesaikan kursus TESOL dan mendapatkan pendanaan dari Ford Foundation untuk belajar linguistik di Universitas Cornell di Ithaca, New York. Tahun 1984, ia memperoleh sokongan untuk bekerja dengan Modern Indonesia Project di Cornell. Sebuah proyek yang mengetengahkan pembelajaran seputar Indonesia yang didirikan pada awal tahun 1950 oleh Professor George McTuenan Kahin dan Professor John M. Echols.

Salah satu sampul GAYa Nusantara

Salah satu sampul GAYa Nusantara

Dede Oetomo menerima beasiswa dari Social Science Research Council -Dewan Riset Ilmu Pengetahuan (sains) Sosial- untuk membantunya mengerjakan Thesisnya dari tahun 1983 – 1984. Lalu ia melakukan studi tentang masalah Seksualitas, Gender dan HIV,AIDS di Indonesia.  Antara tahun 1984-2003, ia mengajar Ilmu Politik di Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur.

Lambda Indonesia diprakarsai oleh Dede Oetomo pada tahun 1982, yang pada saat itu adalah  sebuah forum surat menyurat,  di mana orang-orang bisa mendapatkan nasehat dan petunjuk melalui jawaban atas surat yang mereka kirimkan.  Tahun 1984 Lambda Indonesia bubar, lalu Dede Oetomo membuat Organisasi baru dengan nama GAYa Nusantara pada tahun 1987.

GAYa Nusantara dijadikannya sebuah media edukasi seputar masalah seksualitas, gender, kesehatan seksual dengan fokus pada pencegahan HIV.  Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran publik tentang isu-isu tersebut di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia.

 

Twitter Dede OetomoFacebook Dede Oetomo

Sumber : wikipediaRappler

 

Advertisements

About Kabar LGBT

Korannya Komunitas LGBT Indonesia

Discussion

No comments yet.

Tinggalkan Pesan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Advertisements

Ikuti Tweet kami

Follow Kabar LGBT on WordPress.com

Join 23 other followers

Komunitas kami

%d bloggers like this: