Advertisements
BERITA, BERITA TERKINI

Rusia yang punya UU Anti-Gay pernah melarang sticker LGBT, tapi gagal

lgbt emoji whatssup (2)

Pertengahan 2015, seperti Indonsia, Rusia juga berencana melarang Sticker LGBT -emoji- pada sosial media setelah salah satu Senatornya, Mikhail Marchenko mengeluhkan adalah emoji yang menurutnya mempromosikan LGBT.

Baca juga : Komisi I DPR RI memanggil Menkominfo terkait sticker LGBT

Marchenko mengklaim bahwa emoji-emoji tersebut -yang menggambarkan 2 wajah laki-laki, dan 2 wajah perempuan yang saling tersenyum-  sudah melanggar undang-undang tahun 2013 yang melarang promosi hubungan seksual non-tradisional dan menentang nilai-nilai sebuah keluarga, serta menunjukkan ketidak hormatan terhadap orang tua dan anggota keluarga lainnya.

Undang-undang tersebut mengizinkan pemerintah Rusia untuk memblok akses situs-sutus yang dianggap mempromosikan homoseksualitas.

Menanggapi keluhan tersebut, Roskomnadzor (sebuah lembaga penjaga peredaran media sosial di Rusia)  meminta kelompok pemuda, Youth Guard,  di bawah Partai Politik Presiden Vladimir Putin untuk memberikan laporan perihal tersebut.

Juru bicara Young Guard, Kirill Grinchenko, mengatakan pada harian berita Rusia, Izvestia bahwa mereka belum menerima permintaan resmi untuk mendalami kasus tersebut, tetapi siap untuk menanganinya dengan bantuan Undang-Undang di Rusia.

Baca juga : Menkominfo menanggapi isu Sticker LGBT

Pada hari Selasa 30/6/2015, pendiri situs Children-404, sebuah komunitas online remaja LGBT di Rusia didenda 50.000 rouble, atau sekitar 11.000.000 rupiah setelah pengadilan Rusia menyatakan bahwa ia bersalah telah melakukan propaganda hubungan seksual non-tradisional kepada kaum minoritas.

Emoji -sticker - milik Apple

Emoji -sticker – milik Apple

Rusia mendapatkan kritik tajam dari dunia internasional atas Undang-Undang Anti-Gay mereka. Di mana seseorang bisa didenda 4.000 – 5.000 rouble atau 700.000 – 900.000 rupiah, jika mereka terbukti bersalah telah melakukan promosi hubungan seksual non-tradisional, bahkan hukumannya lebih besar untuk pelaku usaha, sedangkan untuk orang asing bisa mendapatkan hukuman kurungan.

Tetapi seperti diberitakan Pinknews 21 Desember 2015, Pengadilan menyatakan bahwa emoji tersebut tergantung “Penafsirannya” –  bisa saja gambar tersebut adalah hubungan pertemanan atau keluarga. Mereka juga menambahkan bahwa emoji-emoji tersebut tidak mempromosikan tindakan apapun yang menentang Undang-Undang Propaganda Anti-Gay.

Selain emoji bergambar sepasang laki-laki dan sepasang perempuan yang saling tersenyum, juga ada gambar sepasang laki-laki dan sepasang perempuan yang saling memegang tangan.

Seumpama terbukti bersalah, bisa saja Apple sudah didenda sekitar 10.000 Poundsterling atau sekitar 190.000.000 rupiah.

Tidak hanya Apple, ternyata facebook juga diminta untuk diblok oleh Vitaly Milonov, seorang politikus yang sangat homofobik.

Baca juga : A A Gym stop memakai LINE karena pro-LGBt, padahal tanpa ia sadari twitter yang ia gunakan juga pro-LGBT

Presiden Rusia yang menandatangani Undang-Undang Propaganda Anti-Gay mengatakan bahwa Undang-Undang Anti-Gay tersebut bukan suatu hal yang tidak demokratis.

“I don’t see anything un-democratic in this legal act,”  Vladimir Putin.

Putin pun berkilah bahwa Undang-Undang tersebut tidak menekan kebebasan dan individualitas, justru memberikan perlindungan kepada kaum minor di Russia -LGBT- agar “mereka sadar siapa mereka dengan sendirinya”.

Tidak hanya emoji yang ingin dilarang, tetapi 5 Kelompok LGBT di Rusia sudah masuk daftar larangan.

Apple sendiri sudah sejak tahun 2012, memperkenalkan emoji yang bergambar pasangan gay. Sejak awal tahun 2015 sendiri, sudah banyak emoji yang menggambarkan pasangan gay, lesbian, emoji yang menggambarkan keberagaman ras yang jumlahnya sekitar 300 simbol.

Sumber : BBC pinknews

Advertisements

About Kabar LGBT

Korannya Komunitas LGBT Indonesia

Discussion

No comments yet.

Tinggalkan Pesan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Advertisements

Ikuti Tweet kami

Follow Kabar LGBT on WordPress.com

Join 23 other followers

Komunitas kami

%d bloggers like this: