Advertisements
ARTIKEL PENGETAHUAN TERBARU, BERITA, BERITA TERKINI, PENGETAHUAN

Kompleksnya spektrum gender dan seksualitas

Kieren dan Charlotte Sumber dailymail.co.uk

Kieren dan Charlotte
Sumber dailymail.co.uk

Sering sekali orang tidak tahu betapa besar perbedaan antara  identitas gender dan identitas seksual. Gender dan seksualitas adalah dua spektrum yang sangat berbeda.   Gender adalah jajaran  karakteristik  yang berkaitan dan membedakan antara maskulinitas dan femininitas, tergantung dari konteksnya.

Karekateristik-karakteristik tersebut termasuk di dalamnya :

a. Jenis kelamin secara biologi (contohnya, laki-laki, perempuan dan interseksual -kondisi yang mana seseorang terlahir dengan alat kelamin yang tidak sesuai dengan definisi khas perempuan atau laki-laki),

b. Jenis kelamin berdasarkan struktur sosial, termasuk di dalamnya gender roles -suatu kelompok norma-norma sosial yang mendikte perilaku-perilaku yang biasanya diterima, sesuai dan diinginkan terhadap seseorang sesuai jenis kelaminnya yang sebenarnya atau yang ia rasakan-  dan social roles lainnya. Baca: 5 jenis gender di Sulawesi

c. Identitas gender, adalah identifikasi pribadi seseorang terhadap gender yang ia rasakan dan alami, dan peran gendernya di dalam lingkungan sosial.

Jadi, penentuan definisi gender seseorang itu menyangkut beberapa hal. bukan semata dari bentuk fisik yang terlihat.

Sedangkan seksualitas adalah ketertarikan seseorang terhadap orang lain secara seksual dan emosi cinta dan sifatnya cair. Seksualitas bisa bermacam-macam.

Nina Arsenault Sumber: ninaarsenault.net

Nina Arsenault
Sumber: ninaarsenault.net

  • heteroseksual -ketertarikan terhadap lawan jenis kelamin-
  • homoseksual, gay dan lesbian -ketertarikan terhadap sesama jenis kelamin-
  • biseksual -ketertarikan kepada lawan jenis kelamin dan sesama jenis kelamin
  • panseksual atau omniseksual -ketertarikan terhadap identitas gender apapun. Gampangnya, bisa dibilang tertarik terhadap orangnya bukan gendernya.
  • polyseksual -ketertarikan terhadap orang yang memiliki beberapa gender.
  • aseksual -absennya ketertarikan seksual, tidak tertarik sama sekali dengan seksualitas.
  • hyposeksual, demiseksual, semiseksual dan lain-lain yang ada di antara aseksualitas dan seksualitas
  • Dan masih banyak lagi.

Bagaimana dengan kasus seperti ini?

Seorang laki-laki heteroseksual bisa saja tertarik dengan seorang transgender perempuan yang sudah melakukan operasi kelamin dan operasi payudara, dan tetap mengidentifikasikan dirinya sebagai seorang heteroseksual. Karena memang ia tidak tertarik dengan tubuh laki-laki secara seksual.

Seorang perempuan heteroseksual juga bisa  tertarik dengan seorang transgender laki-laki yang sudah melakukan operasi penghilangan payudara untuk mendapatkan tubuh maskulinnya. Perempuan tersebut tetap mengidentifikasikan dirinya sebagai perempuan heteroseksual bukan lesbian, karena memang ia tidak tertarik  dengan perempuan, hanya tertarik dengan maskulinitas laki-laki, walaupun itu seorang transgender laki-laki. Seperti kasus Charlotte dan Kieren.

Banyak contoh kasus pada homoseksualitas, saat seorang gay tertarik secara seksual dengan seorang transgender laki-laki. Apakah ia diidentifikasikan sebagai heteroseksual karena ia tertarik dengan seorang transgender laki-laki yang memiliki vagina? Atau seorang lesbian yang tertarik secara seksual dengan seorang transgender perempuan yang masih memiliki penis, lantas disebut heteroseksual?

Atau seseorang mengidentifikasikan dirinya sebagai biseksual, ternyata tertarik dengan seorang transgender perempuan dan transgender laki-laki juga, selain dengan perempuan dan laki-laki yang terlahir dalam tubuh sejati mereka.

Seksualitas terlalu kompleks untuk dijadikan label. Karena karakteranya yang cair.

Nina Arsenault, seorang transgender perempuan dan pengajar di Kanada. Dalam satu kuliahnya, ia menjabarkan banyaknya laki-laki yang secara seksual tertarik terhadap seseorang yang mempunyai tubuh layaknya perempuan tetapi masih memiliki alat kelamin laki-laki. Orang-orang ini tentu saja bukan homoseksual, bukan heteroseksual juga bukan pula biseksual. Baca juga : Nina Arsenault, transwomen yang memilih untuk tidak melakukan bottom surgery walaupun ia mampu

 

Buck Angel (nama bekennya) adalah seorang transgender laki-laki. Terlahir dalam tubuh perempuan, walaupun dia merasa sebagai seorang laki-laki. Dia merasa tubuhnya tidak cocok dengan gender yang dia rasakan, lalu dia memutuskan untuk menjalani proses transformasi menjadi laki-laki. Tetapi secara seksual ia tertarik dengan perempuan dan  laki-laki. Dia mendefinisikan dirinya tetarik pada orang link, bukan  jenis kelamin atau gendernya. Buck angel adalah satu dari banyak orang dengan keadaan yang seperti ini. Baca juga : Buck Angel, transgender man yang tertarik dengan semua gender

 

Chris Tina Bruce, seorang transgender perempuan yang berprofesi sebagai pelatih kebugaran dan binaraga. Terlahir dengan nama Chrsitopher, berjenis kelamin laki-laki. Tetapi dia mengidentifikasikan dirinya sebagai seorang perempuan. Ia menjalani proses transformasi hormon, operasi payu dara dan operasi pefeminiman wajah. Tetapi saat berbicara seksualitas, ia tertarik dengan perempuan. Bisa dikatakan dia adalah lesbian transwomen. Baca juga : Chris Tina Bruce, transwomen dan atlet binaraga yang secara seksual tertarik dengan perempuan

 

Bianca dan Nick. Bianca adalah seorang transgender perempuan, yang terlahir dengan nama Jason yang masih memiliki alat kelamin laki-laki, Nick adalah transgender laki-laki yang terlahir dengan nama Nicole dan masih memiliki alat kelamin perempuan. Keduanya saling tertarik baik secara seksual maupun emosional. Mereka dikaruniai 2 orang anak yang keduanya lahir dari rahim Nick.

 

sumber: wikipedia and youtube

 

 

 

Advertisements

About Kabar LGBT

Korannya Komunitas LGBT Indonesia

Discussion

No comments yet.

Tinggalkan Pesan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Advertisements

Ikuti Tweet kami

Follow Kabar LGBT on WordPress.com

Join 20 other followers

Komunitas kami

%d bloggers like this: