Advertisements
BERITA, BERITA TERKINI

Undang-Undang perlindungan LGBT di Thailand

 

Foto seorang Lady Boy Sumber : pinknews

Foto seorang Lady Boy
Sumber : pinknews

Seperti diketahui banyak orang, Thailand sangat terkenal memiliki komunitas LGBT yang besar dan giat, khususnya para transgender dan gender  yang non-conforming. Keadaan ini telah mengijin kan orang-orang bisa mengubah gendernya secara legal, tetapi masih belum memperbolehkan pernikahan sejenis.

Diberitakan pinknews 10/9/2015, menuliskan berita bahwa parlemen Thailand meloloskan Undang-Undang Kesetaraan Gender tahun 2015 pada bulan Maret 2015. Hukum tersebut dibuat untuk melindungi para LGBT dan bertujuan memberikan hukuman karena pada orang yang melakukan diskriminasi karena identitas gender dan orientasi seksual. Dituliskan bahwa pelanggar hukum bisa dikenakan hukuman penjara selama 6 bulan dan denda 200.000 baht atau sekitar 76,5 juta rupiah.

Hukum tersebut memberikan definisi “diskriminasi tidak adil antara jenis-jenis kelamin” sebagai tindakan “segregasi -memencilkan-, menghalangi dan membatasi hak-hak” seseorang karena mereka memiliki “ekspresi seksual yang berbeda dari jenis kelamin asli orang tersebut”

Dirjen Departemen Permasalahan dan Pengembangan Keluarga, Somechai Charoenamnuaysuk menjelaskan bahwa Hukum melarang instansi pemerintah, organisasi suasta maupun penduduk Thailand memberlakukan kebijakan-kebijakan, peraturan-peraturan, serta prosedur-prosedur yang  anti-homoseksual.

“Co-operation from all sectors is key in moving forward with the enforcement of this Act, in order to create an equal and just society,”

— Katanya, “Kerja sama dari seluruh sektor adalah kunci penting dalam memberlakukan undang-udnag ini, dengan tujuan membuat lingkungan masyarat yang setara dan adil”

Dia menambahkan bahwa masyarakat mempunyai peran penting sebagai pengawas kasus-kasus diskriminasi,  memberikan dukurngan kepada LGBT, serta ikut memastikan berjalannya penyesuaian hukum dan peraturan ini.

Pemerintah Thailand saat ini sedang mempertimbangkan Rancangan Undang-Undang  Civil Union dan Amandemennya yang akan mengakui hak-hak transgender di Thailand. Rancangan Undang-undang ini sebenarnya sudha pernah digodok tahun 2012, tetapi harus ditunda kelanjutannya karena terjadinya ketidak stabilan politik saat itu.

Awal tahun 2015 sendiri, untuk pertama kalinya Thailand mengumumkan bahwa Referensi tentang gender ke-3akan dimasukkan ke dalam Konstitusi di Thailand.  Seperti diberitakan pinknews 15/1/2015.

sumber: pinknews.com

 

Advertisements

About Kabar LGBT

Korannya Komunitas LGBT Indonesia

Discussion

No comments yet.

Tinggalkan Pesan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Advertisements

Ikuti Tweet kami

Follow Kabar LGBT on WordPress.com

Join 20 other followers

Komunitas kami

%d bloggers like this: