Advertisements
BERITA, BERITA TERKINI

Transman pertama yang menjadi tentara dan berpangkat Sersan.

Shane Ortega Sumber : washingtonblade.com

Shane Ortega
Sumber : washingtonblade.com

Adalah Sersan Shane Otega yang berasa dari Hawaii, seorang transgender laki-laki pertama (terbuka dengan identitas seksualitasnya ) yang masuk ke dalam jajaran tentara Amerika Serikat.

Dia merasa sangat beruntung bahwa dia sudah emndapatkan segala informasi tentang LGBT sejak masih remaja serta bantuan dari anggota keluarga yang berprofesi sebagai psikolog yang membantu dia mengerti apa itu transgender.

Saat masuk ke jajaran tentara, dia masih mengantongi status sebagai seorang perempuan. Tetapi selama dia melakukan transformasi menjadi seorang laki-laki, ternyata kolega-koleganya sangat mendukung.

Dia mengatakan bahwa para transgender bukannya orang dengan penyakit kejiwaan. Mereka sepenuhnya bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan apapun. Mereka juga layak mendapatkan penghormatan dan harga diri seperti orang lain pada umumnya.

Sersan Shane pernah menjalankan tugas dalam 3 perang, 2 kali di Irak dan 1 kali di Afganistan, Shane dibesarkan dalam keluarga tentara. Ayahnya bekerja di Angakatan Laut sedangkan ibunya di Angakatan Laut dan Darat. JUga dua orang pamannya yang pernah ikut berperang di perang Vietnam. Shane mengaku dia sudah tahu bahwa dirinya seorang transgender man sejak dia masih sangat kecil.

Kebijakan “Dont ask, dont tell” -jangan tanya jangan memberi tahu- dikeluarkan oleh lembaga militer Amerika yang akhirnya menghilangkan pelarangan tentara berstatus Gay dan Lesbian.

Pada tahun 2014, Presiden Barack Obama menandatangani surat perintah kepada para fedral contractor -orang orang yang berhubungan langsung dengan pemerintah federal untuk tidak melakukan diskriminasi atas orientasi seksual dan identitas gender. Tetapi sayangnya tidak menyentuk lembaga militer.

The National Center for Transgender Equality [NCTE] -Pusat Kesetaran Transgender Amerika – mengestimasikan bahwa ada sekitar 134.000 pensiunan tentara yang merupakan para transgender dan sekitar 13.000 tentara transgender yang sedang bertugas.

Februari 2015, Pegawai Senior Departemen Pertahanan mengkonfirmasinya rencananya mengubah kebijakan ynag sudah ada, tetapi kemungkinan proses peninjauan kebijakan-kebijakan baru tersebut baru akan selesai tahun 2016

 

 

 

Advertisements

About Kabar LGBT

Korannya Komunitas LGBT Indonesia

Discussion

No comments yet.

Tinggalkan Pesan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Advertisements

Ikuti Tweet kami

Follow Kabar LGBT on WordPress.com

Join 23 other followers

Komunitas kami

%d bloggers like this: