Advertisements
FILM, HIBURAN

Film : Transamerica

Bree dan Toby sumber foto : sbs.com.au

Bree dan Toby
sumber foto : sbs.com.au

Film drama komedi yang disutradari oleh Duncan Tucker dan rilis tahun 2005. Film ini dinominasikan dalam ajang Penghargaan Academy Award, dan Golden Globe. Huffman pun menang dalam penghargaan Golden Globe.

Mengetengahkan perjalanan jauh Bree (Felicity Huffman)  dan anak laki-lakinya yang sudah lama hilang. Bree adalah seorang  transgender yang sedang dalam masa transisi menjadi wanita.

Cerita berawal satu minggu sebelum operasi perubahan kelamin -vagino plasty- seorang transgender bernama Sabrina Osbourne, atau biasa dipanggil Bree. Bree mendapatkan telefon dari seorang anak laki-laki berumur 17 tahun bernama Toby yang sedang mencari seorang laki-laki bernama Stanley Schupak, yang tidak lain adalah nama Bree sebelum memutuskan transformasi transgender. Anak laki-laki itu mengaku sebagai anak kandung dari Stanley.

Bree sendiri tidak tahu bahwa dia punya anak. Bree yang ingin melupakan masa lalunya dalam-dalam, ini malah datang seseorang yang mungkin berasal dari masa lalunya. Dia memutuskan untuk tidak mau tahu soal itu. Tetapi terapist nya menyarankan agar Bree menghadapi masalah ini dulu, karena kalau tidak dia tidak akan menizinkan prosedur penggantian kelaminnya.

Akhirnya Bree pergi dari tempat tinggalnya di Los Angeles menuju New York untuk menjemput Toby. Toby seperti anak yang terbuang, sempat memakai narkoba juga merupakan gigolo. Ibunya bunuh diri ketika dia masih kecil dan akhirnya dibesarkan oleh ayah tirinya, yang tidak ingin dia temui.

Bree berpura-pura sebagai seorang Missionary _penyebar agama- Kristen. Dia meminta Toby ikut dengannya dengan mobil menuju West Coast. Diam-diam dia berencana mengantarkan Toby ke rumah ayah tirinya di Callicoon, Kentuck.  Setelah sampai dan mengetahui bahwa ayah tirinya ternyata sangat jahat, suka menyiksa bahkan melakukan tindakan senonoh kepada Toby. Bree pun mengurungkan niatnya dan membawa Toby ke Los Angeles bersamanya. Dalam perjalanan mereka berhenti di Dallas, di mana beberapa teman sesama transgendernya tinggal dan berencana ingin menyelenggarakan  pertemuan Parade Transgender. Pada suatu waktu, ketika Bree ingin buang air kecil, Toby secara diam-diam mengintip dan akhirnya dia tahu bahwa Bree ternyata punya penis.

Dalam perjalanan mereka dirampok oleh seorang Hippie yang ingin menumpang di mobil mereka. Tanpa uang dan mobil, Toby akhirnya menjual dirinya kepada sopir-sopir Truk. Tapi kepada Bree, dia bilang bahwa uangnya dari hasil menjual Narkoba. Akhirnya mereka mendapat tumpangan menuju rumah orang tua Bree. Orang tua Bree sendiri sangat menentang status transgender Bree, terutama Ibunya. Tetapi menyadari bahwa anak laki-laki yang dibawa Bree adalah cucunya, Toby pun diperilakukan dengan baik.  Bree berencana meninggalkan Toby di rumah orang tuanya.

Melihat betapa kasar perlakuaan orang tua Bree terhadapnya, Toby ragu akan rencana itu. Diam-diam ternyata Toby menaruh hati kepada Bree dan ia pun menyatakannya. Terpaksa Bree harus mengatakan yang sebenarnya kepada Toby, bahwa dia adalah ayah biologinya. Marah karena Bree tidak jujur dari awal, Toby mencuri barang-barang berharga di rumah itu dan melarikan diri.

Dengan perasaan patah hati, Bree pun pulang ke Los Angeles untuk melakukan operasi ganti kelaminnya. Berita bagusnya akhirnya orang tuanya bisa menerima kondisinya dan bisa memanggilnya Bree. Operasi yang menyakitkan itu pun dilakukannya. Operasinya pun berhasil dan berjalan lancar, tetapi dia tidak bahagia karena dia merasa selamanya dia tidak akan bisa bertemu dengan Toby anaknya.

Waktu berjalan, Bree beraktifitas seperti biasa, kerja di rumah makan sebagai pelayan. Suatu hari Toby yang saat itu sudah berumur 18 tahun mengetuk pintunya. Warna rambutnya berubah, menjadi pirang. Dia mengakut bekerja sebagai pemain film panas untuk gay. Akhir cerita akhirnya mereka pun (orang tua dan anak) dipersatukan kembali.

 

Advertisements

About Kabar LGBT

Korannya Komunitas LGBT Indonesia

Discussion

No comments yet.

Tinggalkan Pesan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Advertisements

Ikuti Tweet kami

Follow Kabar LGBT on WordPress.com

Join 20 other followers

Komunitas kami

%d bloggers like this: