Advertisements
FILM, HIBURAN

Film: The Imitation Game

Alan Turing sumber: hypable.com

Alan Turing
sumber: hypable.com

Ini adalah film yang berasal dari kisah nyata penemu mesin Turing bernama Alan Turing, disutradarai oleh Moerten Tyldum. Mengisahkan tentang pekerjaan dalam sebuah proyek melawan waktu yang dilakukan oleh Turing (Benedict Cumberbatch) dan tim pemecah kode di Britania raya di Bletchley Park, Goverment Code and Cypher School, sebuah sekolah negeri yang mengajarkan tentang Kode dan Sandi, pada masa-masa terkelam Perang Dunia kedua. Kelompok yang terdiri dari berbagai pakar, matematikawan, linguis, juara catur, dan pegawai-pegawai intelijen yang berhubungan dekat dengan Perdana Mentri Inggris pada saat itu, Wiston Churchill ikut terlibat dalam proyek ini.

Mereka mencoba membajak kode enigma Jerman, Nazi

Kisah film ini berkisar pada kehidupan Turing ; masa remaja yang tidak bahagia di sekolah asrama; keberhasilannya dalam mengembangkan bombe elektromekanis yang mampu memecahkan 3.000 kode Enigma dalam sehari pada masa perang; dan kemerosotan kariernya pada pasca perang setelah ia didakwa telah melakukan ketidaksenonohan dengan mengaku sebagai seorang homoseksual, yang dianggap sebagai tindak pidana pada masa itu.

Film ini juga menyebutkan bahwa Ratu Elisabeth II memberikan Posthumous Royal Pardon (Permintaan Maaf keluarga kerajaan kepada seseorang yang telah meninggal) dan memberikan penghargaan atas jasa-jasanya yang belum pernah dilakukan oleh orang lain sebelumnya). Walaupun Turing banyak dikecam dan dihina orang karena orientasi seksualnya, berkat dia 2 juta nyawa terselamatkan.

Dalam film, dituliskan bahwa Turing meninggal karena bunuh diri, tetapi kematian Turing sendiri masih diperdebatkan, apakah itu karena bunuh diri seperti yang aparat beritakan -bunuh diri karena apel yang ter-infused Cianida atau karena terapi Chemical Castration yang harus dia jalani selama 14 bulan untuk mengontrol hormonnya, yang telah menggerogoti kesehatannya.

Penghargaan sebagai Film terbaik dalam ajang penghargaan perfilman “People Choice”. Pemutaran perdana film  ini pada ajang Festival Film Telluride ke 41, Agustus 2014 dan Festival Film Internasional Toronto ke 39, bulan september tahun ynag sama. Sedangkan pada bulan Oktober diputar di Festival Film London ke 58.

Advertisements

About Kabar LGBT

Korannya Komunitas LGBT Indonesia

Discussion

No comments yet.

Tinggalkan Pesan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Advertisements

Ikuti Tweet kami

Follow Kabar LGBT on WordPress.com

Join 22 other followers

Komunitas kami

%d bloggers like this: