Advertisements
BERITA, BERITA TERKINI

Keberanian Dena Rachman mengungkap Identitas Seksualnya dan tanggapannya terhadap haters

Dena rachman dan BCL sumber foto : swadeka.com

Dena rachman dan BCL
sumber foto : swadeka.com

Dena Rachman pada acara talkshow DEAR HATERS yang dibawakan Iwan Setyawan menceritakan awal mulanya dia merasakan perbedaan pada dirinya. Sejak kecil dia tidak ngeh  dengan apa yang dia rasakan, karena pada dasarnya dia selalu menyukai hal-hal yang berbau tampil. dandan, mix-matching baju, main masak-masakan, tetangga-tetanggan, atau hal-hal yang berbau feminim. Tapi ada hal membuat Dena sedih, yaitu perasaan iri, pada saat orang lain bisa menjadi diri mereka sendiri seperti adanya.

Pada masa-masa di bangku sekolah ternyata Dena  tidak pernah mendapatkan bully-an. Dia menuturkan bahwa itu terjadi mungkin karena teman-teman sekolahnya benar-benar mengenal Dena secara pribadi apa adanya. Seperti pepatah „Tak kenal maka tak sayang”. Tambahnya.

Awal mula Dena terbuka dengan seksualitasny, yaitu saat dia SMP, teman-temannya justru ynag mendorongnya untuk jujur terhadap diri sendiri. Dengan penerimaan yang bagus dari teman-temannya tersebut mulailah Dena yang saat itu selalu JAIM „jaga image” akhirnya terbuka. Dan akhirnya mereka malah menjadi teman baiknya sampai sekarang. Dena bilang, saat Dena SMA, ia sudah sangat terbuka dengan dirinya dan seksualitasnya, tetapi tetap taat dengan peraturan sekolah tentang seragam dan potongan rambut.

Menurutnya, untuk menjadi bahagia, seseorang harus seimbang, yaitu seimbang antara tubuh dan jiwa. Itu lah yang yang mendorongnya untuk berani mengambil keputusan untuk terbuka, yaitu ingin bahagia.

Dena yang seorang spiitual ini, berpendapat bahwa di Indonesia, masyarakatnya masih sisionormatif, masih hidup dengan norma-norma yang sejak kecil ditanamkan dan dibawa sampai dewasa, sedangkan pengetahuainnya belum terbuka. Padahal, uangkapnya,  di dunia ini, ideologi itu banyak. Satu ideologi mungkin benar tetapi yang satunya lagi belum tentu salah.

Hubungan Dena dengan orang tuanya pun menjadi semakin dekat setelah dia terbuka dengan identitas seksualnya itu. Tak hanya semakin dekat, tetapi bisa menerima dan supportif.

Pengagum sosok Victoria Beckham yang sukses dalam hidup dan karirnya ini, ingin sekali mengikuti jalan kesuksesannya. Menurut Dena kesuksesan tidak hanya dalam dunia karir dan bisnis tetapi juga dalam menjadi pribadi yang baik, berguna bagi masyarat, bahkan negara.

Sebagai sosok yamg sudah dikenal banyak orang, Dena merasa bahwa dia harus membagikan pengalaman perjalanan hidupnya dan supportnya kepada komunitasnya. Dia pernah berada dalam diskusi bersama UNDP (United Nation Development Program membicarakan persetaraan hak (equal right).

Soal Komentar-komentar dari Hatersnya, berikut tanggapannya:

Menanggapi komentar haters yang mengatakan bahwa dia masih kelihatan seperti lelaki, Dena menjawab bahwa dia hidup apa adanya. dia memang tidak seperti Gigi Gorgeous seorang transgender dari Kanada yang hidup di LA yang memang sudah menjalani bedah plastik, terapi hormon yang sudha dimulai sejak lumayan lama untuk membentuk tubuh feminin mereka, pastinya bentuk fisiknya pun juga bagus, beda dengan Dena yang belum lama memulai. Menurut dia, di Indonesia menjadi seperti Dena apa adanya yang sekarang ini saja itu sudah perlu disyukuri.

Salah satu haters menanggapi fotonya dengan bikini, mengatakan, bahwa sebagai laki-laki, menurut islam, auratnya mulai dari pusar sampai lutut. dipanjangin aja celananya sampai bawah, yang atas dibuka saja nggak papa, kan nggak dosa. Dena menanggapi dengan santai . „Oke dech kalau gitu next time dibuka aja semuanya ya.”

„Menjadi berbeda itu seperti merayakan hidup, daripada terkungkung , terkurung dalam tubuh yang salah. Apa yang kita nilai sebagai kebenaran tidak harus menjadi kebenaran bagi orang lain.  Tak semua orang harus menempuh jalan ynag kita tempuh.” Begitulah acara tersebut diakhiri.

 

 

 

Advertisements

About Kabar LGBT

Korannya Komunitas LGBT Indonesia

Discussion

No comments yet.

Tinggalkan Pesan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Advertisements

Ikuti Tweet kami

Follow Kabar LGBT on WordPress.com

Join 20 other followers

Komunitas kami

%d bloggers like this: