Advertisements
ARTIKEL INFORMASI TERBARU, BERITA, BERITA TERKINI, INFORMASI

KTP untuk Waria

Forum Komunitas Waria Indonesia (FKWI) akhirnya membuat kartu pengenal identitas para waria. Ini disebabkan oleh keberadaan waria masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat dan status mereka belum diakui negara.

Hal ini ditegaskan oleh Mami Yuli selaku ketua FKWI. “Ini bisa membantu mereka dalam hal apapun. Jadi ada yang bisa dihubungi,” ujar Mami Yuli, disela peluncuran sticker untuk sebuah aplikasi perpesanan di Jakarta, Rabu (6/1/2016).

Mami Yuli sumber foto : suarakita.org

Mami Yuli
sumber foto : suarakita.org

Selama ini selalu terjadi diskriminasi kepada waria oleh masyarakat, apabila mereka sakit ataupun meninggal, masyarakat menyerahkannya kepada kepolisian atau ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Kondisi paling miris adalah ketika seorang waria meninggal dunia dan diserahkan kepada polisi, maka akan dikuburkan secara massal, disebabkan mereka tidak memiliki identitas.

Mami Yuli menambahkan “Dengan adanya kartu pengenal bisa membantu para waria menunjukkan identitas dan keberadaan tempat tinggal waria, sehingga masyarakat bisa memberikan informasi terkait waria tersebut.”

Menurut satu satunya di Indonesia waria yang menyandang gelar master Program Studi Hukum Pidana ini, semua masyarakat memiliki hak yang sama seperti yang tertuang pada Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM. Bahkan menurut Mami Yuli UU tersebut harus mendukung setiap orang termasuk waria untuk mendapat hak yang sama, seperti mendapatkan fasilitas layanan publik dari negara. “KTP, KK, dan SIM seharusnya ada jenis kelamin khusus.” terangnya.

dikutip dari suara.org

 

Advertisements

About Kabar LGBT

Korannya Komunitas LGBT Indonesia

Discussion

No comments yet.

Tinggalkan Pesan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Advertisements

Ikuti Tweet kami

Follow Kabar LGBT on WordPress.com

Join 24 other followers

Komunitas kami

%d bloggers like this: