Advertisements
ARTIKEL INFORMASI TERBARU, ARTIKEL KESEHATAN TERBARU, ARTIKEL PENGETAHUAN TERBARU, BERITA, INFORMASI, Kesehatan, PENGETAHUAN

Tetap bisa hidup sehat walaupun terinfeksi HIV.

sumber foto : gueberani.cm

sumber foto : gueberani.cm

Kita tidak boleh capek memberi tahu kepada semua orang betapa pentingnya seks yang aman dan sehat. Sampai tahun 2014 sendiri, sudah 35,5 juta orang terjangkit HIV. Memang benar, sudah ada obat yang beredar yang bisa mengontrol HIV dan penderita bisa hidup sehat seperti orang lain. Tetapi tetap, bahaya HIV tidak akan hilang dan membahayakan bagi orang yang tidak tahu bahwa dia tertular HIV dan akhirnya berubah menjadi AIDS.

HIV tidak sama dengan AIDS

Bagi kalian yang merasa pernah melakukan hubungan intim yang tidak aman baik untuk kalangan heteroseksual maupun homoseksual, baik melalui vagina, oral maupun anal. Sekalipun hanya terjadi satu kali saja, harus berani untuk tes HIV. Karena ini penting, semakin cepat kalian tahu apakah kalian HIV positif atau tidak, semakin besar kemungkinan kalian bisa mengontrol dan bisa hidup wajar seperti orang lain.  Karena penyebab sampai berubah menjadi AIDS itu karena terlambatnya virus HIV terdeteksi.

Serta, berikanlah penerangan kepada siapapun tentang informasi bagaimana HIV bisa menular. Salah satu penyebab orang-orang berpikir dua kali untuk tes HIV karena stigma-stigma tentang HIV yang harus dihadapi. Sebagai contoh, banyak yang perpikir bahwa HIV dan AIDS menular lewat jabat tangan, saling pandang, pelukan dan lain-lain. Ini membuat orang yang tertular HIV dijauhi masyarakat dalam kehidupan sosialnya. Jadi bagi yang tidak terjangkit HIV pun bisa mempunyai andil besar dalam hal menghilangkan stigma-stigma yang salah tersebut, sehingga orang yang positif HIV dan AIDS pun bisa dengan normal berinteraksi dengan orang lain.

Untuk yang sudah tertular HIV, hal pertama yang musti ditanamkan adalah:

JANGAN PANIK. ikuti kata dokter dan banyak cari informas, selain dari dokter juga bisa dari  lembaga-lembaga yang membantu orang-orang dengan HIV. Ada obat yang harus dikonsumsi tiap hari untuk mengontrol virus tersebut, ada pula terapi dan IRV (Immune  Recovery Vitritis). Dan ini gratis.

HIDUP SEHAT, mulai biasakan menjalani pola hidup sehat, olah raga, makan makanan sehat, jaga stamina, tidur yang cukup agar terhindar dari penyakit. Karena penyakit apapun itu walaupun penyakit ringan, bisa membahayakan apalagi untuk yang sudah AIDS.

OBAT diminum RUTIN. minum obat secara rutin. Kalau perlu, buatlah di reminder dalam telefon genggam kalian. Ada beberapa obat yang diperuntukkan untuk orang yang positif HIV dan penderita AIDS, konsultasikan dengan dokter sehingga mendapatkan obat dengan efek samping yang paling kecil untuk kalian. Banyak orang yang sudah menkonsumsi obat dengan teratur, hasilnya menunjunkan bahwa virus HIV di dalam darah mereka bisa sampai level “tak terdeteksi”. Ini karena rendahnya kuantitas virus tersebut di dalam darah, semua berkat kerja obat tersebut.

KONTROL, kontrol yang rajin ke dokter. pastikan virus HIV terkontrol dan tidak menyerang bagian-bagian tubuh lainnya. Serta perlu diketahui, YOU ARE IN CONTROL dalam artian kalian adalah yang mempunyai kontrol penuh atas tubuh kalian, termasuk atas penyebaran virus HIV yang ada dalam tubuh kalian. Besar atau kecilnya virus dalam tubuh bisa kalian kontrol.

SEKS  yang AMAN. jika kalian melakukan hubungan seksual, lakukan dengan cara yang aman. Gunakan kondom.

MEREKA PERLU TAHU. akan lebih baik kalau bagi kalian yang sudah HIV positif memberi tahu semua orang yang sudah pernah berhubungan seks dengan kalian, agar mereka bisa tes. Agar yang sudah ikut tertular tahu dan tidak menularkan ke orang lain lagi, serta orang yang sudah menularkan kepada kalian dan ternyata mereka tidak tahu, menjadi tahu, sehingga tidak menularkan lebih jauh.

STILL LOVEABLE, jika kalian positif HIV, tidak berarti kalian tidak layak untuk disayangi dan mendapatkan kasih sayang dari pasangan. Pembawa virus HIV dan penderita AIDS tetap bisa menjalani kehidupan cintanya seperti biasa selama dia in-control.

Untuk teman-teman yang menginginkan informasi tentang HIV dan AIDS bisa merujuk ke organisasi bernama GUE BERANI di situs http://www.gueberani.com

Kutipan dari akun facebook gue berani:

” Buat loe yang butuh layanan medis (Tes HIV, pengobatan IMS, dll), bisa hubungi via BBM 56B89593 ke Procare Klinik PKBI DKI Jakarta atau telepon (021-856 6535) pada hari kerja. loe akan dilayani oleh tenaga medis dan dokter yang ahli dan yang pasti ramah.
Jam Layanan Senin – Jumat jam 09.00 – 16.00WIB
Alamatnya di Jalan Pisangan Baru Timur No. 2A Jatinegara.”

 

Seperti Garry Brough, dalam wawancara The Marianna Show,  yang tertular HIV dan tahu bahwa dia HIV positif pada tahun 1991, di mana, pada saat itu pengobatan dan penanganan belum secanggih sekarang. Pada tahun 1995, dia sudah menderita AIDS. Pada tahun 1997, dia memulai terapi AIDS dan sampai sekarang masih hidup sehat.

HIV adalah virus sedangkan AIDS adalah kumpulan penyakit-penyakit yang menjangkit terutama yang berhubungan dengan kekebalan tubuh menyebabkan tubuh tidak bisa memerangi infeksi dan penyakit-penyakit tersebut. AIDS sendiri bisa dicegah dengan pengobatan. Yang sering dibicarakan banyak praktisi medis atau pembicara-pembicara belakangan ini lebih tentang advance AIDS atau late AIDS. 

 

 

 

 

 

Advertisements

About Kabar LGBT

Korannya Komunitas LGBT Indonesia

Discussion

No comments yet.

Tinggalkan Pesan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Advertisements

Ikuti Tweet kami

Follow Kabar LGBT on WordPress.com

Join 23 other followers

Komunitas kami

%d bloggers like this: