Advertisements
ARTIKEL INFORMASI TERBARU, INFORMASI, TIPS

Coming-out dengan teman stright kalian

Bagus juga untuk disimak uraian yang ditulis Remy Linguini ini (salah satu akun di boyzforum)

Gue tahu rasanya memendam perasaan suka kepada cowok straight yang kamu sukai tapi kamu yakin rasa suka itu tidak akan mungkin terbalas karena dia hanya menganggapmu tak lebih dari seorang sahabat. Sering terlintas di benakmu untuk mengaku dan menyatakan cinta padanya walau mungkin dia akan ketakutan dan bahkan beresiko menjauh darimu. Hingga kamu lebih suka memendam perasaan daripada harus kehilangan sahabat yang diam-diam kamu kagumi. Tahukah kamu? mengakui kalau kau seorang gay pada sahabatmu (coming out) mungkin suatu langkah besar untuk move-on pada sebuah rasa cinta yang tak berbalas. Resiko bahwa reaksinya mungkin tidak seperti yang kamu harapkan memang tetap ada. Tapi menurut gue, jauh lebih sehat untuk mengakui kepada temanmu tentang orientasi seksualmu sebagai langkah penerimaan terhadap diri sendiri. Oke, kalau memang masih ragu, ada beberapa tips yang bisa gue bagi buat kamu yang ingin coming out kepada teman yang kamu sukai. Ini sudah gue praktekkan kepada beberapa sahabat terdekat gue dan terbukti mereka menerima keadaan gue apa adanya.

  1. Yakinkan bahwa teman cowok yang kamu suka memiliki sikap yang baik dan tidak berpotensi menyebarkan kondisimu sebagai gay. Terutama kalau kamu belum siap mendeklarasikan orientasi seksual kamu kepada semua orang.

  2. Jangan termehek-mehek. Kalau hendak come-out atau mengaku, lakukan dengan tegas dan elegan. Jangan merengek dan terlihat seolah-olah kau sangat mengharapkan cintamu akan berbalas.

  3. Berikan dia waktu. Bagaimanapun, pengakuanmu mungkin membuatnya seperti dijatuhi bom atom. Biarkan dia berpikir sejenak dan mencerna kondisi yang baru saja dia ketahui. Jangan langsung mengganggunya seolah semua berjalan seperti biasa. Yakinlah, jika dia memang seorang yang baik seperti yang kamu kira, dia akan memulai percakapan denganmu terlebih dahulu.

  4. Jangan jadi psikopat. Menanyakan dan memaksa si dia segera menerima keadaanmu cepat-cepat sama saja membuatmu terlihat seperti orang sakit jiwa. Ini akan membahayakan dirimu apalagi jika si dia telanjur mengenal gay dengan stereotype yang negatif.

sumber foto : ry.org.nz

sumber foto : ry.org.nz

  1. Tetap tunjukkan karakter sendiri. Tetap berkarya dan berprestasi serta menjadi dirimu sendiri dengan kualitasmu yang dia kenal selama ini. Jangan lebay di jejaring sosial dengan status-status curhat galau yang berhubungan dengan pengakuanmu padanya. Percayalah, kebanyakan cowo straight akan ilfeel melihat status-status seperti itu. Kamu tidak mau, kan? kalau sampai cowok yang kamu sukai itu jadi ilfeel?

  2. Siapkan diri dari bermacam pertanyaan seputar kaum gay. Mungkin si dia akan penasaran lebih kepada kenapa dirimu menjadi gay, bukan penasaran mengapa kamu menyukainya. Jawabanmu yang cerdas dan berwawasan akan membuatnya lebih bisa mengerti tentang kaum gay, khususnya dirimu.

  3. Bilanglah pada si dia kalau kamu tetap ingin berteman dengannya dan jangan membenci dirimu. Tak ada yang berubah. Tekankan padanya ini hanyalah proses kejujuran kepada seorang kawan yang kamu percayai. Bilang juga bahwa apapun keputusannya mengenai pertemanan kalian, kamu akan menerimanya dengan ikhlas.

  4. Dan terakhir, walau kemungkinannya sangat tipis, jika dia penasaran dan bertanya apakah hubungan sesama pria lebih nikmat daripada bercinta dengan lawan jenis, siapkan dirimu untuk ‘membimbingnya’ :))

Demikian tips dari gue, semoga bermanfaat. :D

Advertisements

About Kabar LGBT

Korannya Komunitas LGBT Indonesia

Discussion

No comments yet.

Tinggalkan Pesan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Advertisements

Ikuti Tweet kami

Follow Kabar LGBT on WordPress.com

Join 20 other followers

Komunitas kami

%d bloggers like this: