Advertisements
BERITA, BERITA TERKINI

Waria di India

Siapa sangka, Transgender di India adalah pembaca keberuntungan dan kesuburan, berbeda sekali dengan label yang diberikan kepada para Waria di Indonesia. Di Indonesia sendiri sebenarnya tradisi yang mirip, yaitu Bisu di Sulawesi.

Hijra. inilah nama yang disandang oleh para “Waria” di India. Kepana kata waria diberikan tanda kutip (“-“), karena di India, Hijra menpunyai status yang berbeda layakya di dunia barat atau bahkan di Indonesia sendiri. di Indonesia Waria lebih dikategorikan sebagai seorang laki-laki yang bertranformasi menjadi wanita dan hidup layaknya seorang wanita, sedangkan Hijra dikategorikan sebagai gender ketiga. Bukan wanita, bukan pula pria. Untuk menjadi Hijra yang sesungguhnya sebenarnya tidak mudah karena orang tersebut harus menjalani ritual pengebirian selama 40 hari. Para Hijra ini harus memotong alat kelaminnya. Tradisi ini sudha berjalan sejak 4000 tahun silam.

Para Hijra ini serings ekali melakukan ritual dan pemberian berkah kepada ibu hamil dan wanita yang baru saja menikah. Walaupun demikian pentingnya peran mereka dalam tradisi di India, mereka masih tetap saja mendapatkan perlakuan diskriminasi dari masyarakat. Label sebagai peminta-minta dan pekerja seks tetap melekat pada komunitas waria ini. Menyedihkan memang, di saat Pengadilan Tinggi di India sendiri sudah mengakui keberadaan mereka sebagai gender ketiga.

sumber foto : allianceindia.org

sumber foto : allianceindia.org

Advertisements

About Kabar LGBT

Korannya Komunitas LGBT Indonesia

Discussion

No comments yet.

Tinggalkan Pesan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Advertisements

Ikuti Tweet kami

Follow Kabar LGBT on WordPress.com

Join 22 other followers

Komunitas kami

%d bloggers like this: