Advertisements
BERITA TERKINI, Ceritaku

Hebohnya pernikahan sesama jenis di Indonesia

Seperti yang semua teman-teman kabar LGBT sudah tahu, beberapa bulan terakhir Indonesia dihebohkan dengan berita pernikahan sesama jenis yang terjadi di Bali dan Boyolali. Miris sebenarnya bagaimana hal ini sepertinya dibesar-besarkan seolah-olah setara dengan kasus pencatutan nama presiden, kasus koruspi keluarga Ratu Atut yang berkepanjangan. Bahkan gubernur dan polisi pun juga ikut dilibatkan.

Secara hukum, pernikahan sesama jenis memang tidak diizinkan.Kalau kita berbicara sebuah pernikahan sipil  yang legal di mata hukum, maka nantinya akan diterbitkan surat nikah. Apakah acara pesta tersebut merupakan acara penikahan? Atau memang sekedar acara pesta yang secara hukum tidak mempunyai aturan khusus tentang penyelenggaraan pesta, seperti pesta syukuran.

Seperti halnya upacara pertunangan, apakah itu ada landasan hukumnya? Dan, kalau tidak ada, kenapa tidak dilarang? Lalu kawin Siri yang sudah menjadi rahasia umum, yang mana bisa melegalkan poligami bahkan banyak yang menganggap kawin siri sebagai upaya menghalalkan prostitusi. Apakah Poligami secara nasional juga ada landasan hukumnya? Atau hanya satu-dua instansi pemerintah saja yang mengakuinya?

Jika terselenggara upacara apapun itu, syukuran, pesta pertunangan, perjanjian dan lain lain seharusnya selama itu tidak ada hukum yang mengatur, sebenarnya pemerintah juga tidak bisa melakukan apapun.

pernikahan1

sumber foto : liputan6.com

 

sumber foto: liputan6.com

sumber foto: liputan6.com

Sebelum ada berita heboh tentang dua pernihakan sesama jenis, sebenarnya sudha ada berita tentang pernikahan sesama jenis lainnya, walaupun tidak seheboh dua peristiwa di atas. Setelah 6 bulan menikah, sang suami baru mengetahui bahwa wanita yang dinikahinya  mempunyai alat kelamin laki-laki. Sebenarnya pertama yang harus dipertanyakan adalah, bagaimana wanita ini mendapatkan KTP berjenis kelamin perempuan? Jika dia memegang KTP berjenis kelamin perempuan, maka secara hukum pernikahan tersebut syah. Seharusnya pihak aparat pemerintah yang mensyahkan pernikahan tersebut mengecek terlebih dahulu keabsahan KTP pasangan tersebut.  Sekarang yang salah siapa? Si wanita yang memegang KTP “aspal” atau aparat yang mengeluarkan KTP.

Ada kemungkinan bahwa wanita tersebut adalah seorang transgender. Di banyak negara maju, jika seorang laki-laki merasa sebagai seorang wanita, bisa jadi ia seorang wanita wanita transgender (yaitu seorang laki-laki yang mengidentifikasikan dirinya sebagai seorang wanita). Apalagi setelah menjalani serangkaian tes yang dilakukan oleh psikolog. Maka setelah wanita transgender tersebut menjalani operasi ganti kelamin, ia akan secara resmi dikategorikan berjenis kelamin perempuan.

Di Iran sendiri, ternyata pemerintah mendorong para transgender untuk berganti kelamin. Bahkan tidak jarang pemerintah memberikan bantuan dana untuk operasi ganti kelamin sampai 50%.

Sumber : Liputan6, BBC

 

 

Advertisements

About Kabar LGBT

Korannya Komunitas LGBT Indonesia

Discussion

3 thoughts on “Hebohnya pernikahan sesama jenis di Indonesia

  1. Arab Saudi membantu warganya untuk operasi ganti kelamin? Ada sumbernya?
    Terima kasih

    Like

    Posted by sammygoranch | February 1, 2016, 10:39 pm

Tinggalkan Pesan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Advertisements

Ikuti Tweet kami

Follow Kabar LGBT on WordPress.com

Join 20 other followers

Komunitas kami

%d bloggers like this: