Advertisements
BERITA TERKINI

Diskriminasi pegawai LGBT di Indonesia

Diskriminasi, nasib buruk dan buruh merupakan persoalan yang berkelindan. Bagi para buruh, upah yang rendah, hingga perlakuan para majikan pemilik perusahaan tak bosan menjadi santapan.

Dalam rangka hari buruh Internasional yang tepat jatuh pada hari ini, CNN Indonesia mencoba menyelami perlakuan-perlakuan tak mengenakkan yang dialami oleh sebagian buruh. Terutama mereka yang mendapatkan diskriminasi secara berlipat ganda, yakni para buruh dari kalangan lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT). Mereka yang menyebut dirinya sendiri sebagai buruh pelangi.

Dalam peliputan khusus hari buruh ini, CNN Indonesia pergi ke kantong-kantong buruh pelangi. Melakukan reportase dari dalam dan mengungkap cerita-cerita mereka yang sebelumnya tak pernah mereka bagi kepada publik. Mulai dari Cakung di Jakarta Utara hingga Bandung dan Cimahi, tempat para buruh tinggal dan bekerja.

Cerita soal catatan harian para buruh pelangi ini sangat penting untuk diungkap. Sebab, sebuah riset yang dilakukan oleh Lembaga Buruh Internasional (ILO) bersama dengan Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas Gadjah Mada menunjukkan bahwa pekerja LGBT masih kerap mendapatkan diskriminasi. Bahkan diskriminasi yang mendera berlipat ganda, selain karena mereka berprofesi sebagai buruh, ditambah stigma buruk akibat pilihan orientasi seksual mereka.

kupu pelangi

ilustrasi dari CNN indonesia

Simak saja cerita bertajuk ‘Cerita Hidup Felicia, Seorang Buruh Pabrik Waria’ dalam liputan khusus ini. Bukan hanya persoalan pekerjaan, para buruh LGBT tak jarang menerima pelecehan lain semisal seksual, dari atasan, kawan sesama buruh, terlebih dari masyarakat.

Beragam kesulitan harus dihadapi para buruh pelangi. Dalam riset ILO dan UGM, terpapar ragam diskriminansi yang mencambuk mereka. Mulai dari sulitnya mengakses pekerjaan, terutama pekerjaan di sektor formal, karena banyak pemberi kerja yang homophobic atau karena lingkungan pada umumnya tidak ramah terhadap kaum LGBT. Sementara, mereka yang berhasil mendapatkan pekerjaan juga kerap mengalami perlakuan diskriminatif seperti dihina, dijauhi, dirisak, diancam, dan bahkan mengalami kekerasan secara fisik. Simak cerita ini dalam tulisan ‘Menyoal Cuti Haid, Diskriminasi dan Kisah Buruh Lesbian’

Aktivis LGBT Dede Oetomo berpendapat transgender, terutama waria, mengalami diskriminasi paling berat di antara semuanya. Ekspresi gender dan orientasi seksual yang terlihat jelas membuat kehadiran mereka begitu menonjol dan menjadi pusat perhatian. Dalam banyak kasus, waria paling kesulitan mendapatkan pekerjaan dibandingkan lesbian, gay, biseksual, maupun priawan. Maka tak jarang, waria kerap menjadi pekerja seks komersial karena keterbasan pilihan pekerjaan tersebut. Pahit manis hidup seorang waria yang menjadi buruh pabrik tertuang dalam tulisan ‘Kelam dan Gemilang, Kisah Lain Hidup Buruh Waria’

Mengambil suara para buruh pelangi penting bagi CNN Indonesia, Sebab hingga kini belum banyak dari mereka yang berani buka suara. Sementara kehadiran mereka di tengah kita nyata adanya. Hingga saat ini, belum ada hitungan pasti seberapa besar komunitas buruh lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) di balik tembok pabrik-pabrik. Oleh karenanya, ikhtiar untuk menceritakan kisah mereka menjadi hal yang penting bagi publik. Tulisan soal mereka yang enggan bersuara bisa dibaca nanti dalam tulisan ‘Cerita Buruh Gay yang Cari Selamat’

Hari ini adalah hari buruh internasional. Di balik gegap gempita dan riuhnya pekik perjuangan para buruh di jalan-jalan, jauh terbenam dalam raungan suara knalpot motor yang mereka gunakan untuk berkonvoi, publik perlu membaca cerita dan catatan harian para buruh pelangi. Buruh yang mendapatkan kemalangan yang berlipat ganda.

Dikutip dan bersumber dari berita di CNN indonesia.

Advertisements

About Kabar LGBT

Korannya Komunitas LGBT Indonesia

Discussion

No comments yet.

Tinggalkan Pesan!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Advertisements

Ikuti Tweet kami

Follow Kabar LGBT on WordPress.com

Join 23 other followers

Komunitas kami

%d bloggers like this: